Tuesday, September 29, 2009

Kupat, Lontong, Opor.


Senang akhirnya bisa balik nulis lagi, semoga tidak menjadi malas lagi, he...he....
Ah.. gak terasa Lebaran telah lewat.... dan dilalui dengan banyak kenangan suka maupun duka, lho kok duka men... kenapa? lha iya... pagi -pagi waktu habis nyekar bapak dan simbah aku mboncengin ibu pake motor kesayangan yang entah kenapa ternyata jarum indikator bensinnya mati sehingga aku gak tahu kalau ternyata bensin udah kandas.. dan...... terjadilah... di hari lebaran pagi hari itu..... aku mendorong sepeda motor ke pom bensin yang jaraknya lumayan jauh (gak ada pedagang bensin eceran yang buka).

Yang diatas itu dukanya, sukanya ya pasti ada.... kebetulan kami sekeluarga pulang ke solo dan disana diadakan acara halal bi halal keluarga, dalam halal bihalal tersebut aku mendapat sebuah pengetahuan baru tentang makna dari simbol-simbol lebaran.

  1. Kupat : Dalam bahasa jawa diartikan atau menjadi sebuah "Parikan" Ngaku Lepat, dalam arti di hari raya ini kita semua "Ngaku Lepat" atau mengakui semua kesalahan kita.
  2. Lontong : Lagi-lagi dalam bahasa jawa dijadikan sebuah Parikan Olone wis Kothong, yang berarti semua kesalahan sudah kosong karena saling memaafkan.
  3. Opor : Kalau ini ada masih bahasa jawa juga namun ada sedikit campuran logat surabaya, yaitu Ora Porik, yang berarti tidak lagi berselisih.
Yah... meskipun mungkin parikan-parikan diatas hanya sebuah karangan yang dipas-paskan kata-katanya namun ada maknanya juga yang memang baik untuk kita lakukan bersama, meskipun telat saya juga ingin mengucapkan Mohon Maaf Lahir Batin.

Monday, September 14, 2009

Wednesday, September 9, 2009

09-09-09 ( 9 september 2009)

Angka sembilan adalah angka yang terakhir, setelah angka sembilan pasti terjadi pengulangan angka sebelumnya unutk membentuk bilangan yang lebih besar. Nah ... hari ini adalah tanggal 9 bulan 9 tahun 2009... semoga bukan angka kyu-kyu semoga bukan angka terakhir.... semoga bukan hal-hal yang buruk yang akan terjadi..... Namun siapa yang tahu? bukankah kita cuma manusia biasa.... hanya Tuhanlah yang tau bagaimana nantinya...

Monday, September 7, 2009

Nyotaimori - 女体盛り

Lagi asyik googling, nemu nih sebuah kata bahasa jepang yang unik "Nyotaimori - 女体盛り" gak tau artinya akhirnya mampir ke Wikipedia ternyata artinya "Female Body Presentation" walah opo maneh iki, setelah telusur punya telusur... Nyotaimori ini di tampilkan dalam bentuk Female body art, yang berarti penyajian Shushi diatas tubuh seorang wanita yang nyaris telanjang, hanya ditutup daun, bunga dan makanan itu sendiri, ih.. apa gak risih ya.... yang jelas restoran dengan model penyajian seperti ini selalu ramai dikunjungi konsumen, welah.. orang jepang memang suka yang aneh-aneh.

ini videonya:

Wednesday, September 2, 2009

Gempa 7,3 Scala Richter, Guncang Jakarta

Gempa berkekuatan 7,3 SCcala Richter Rabu 2 September 2009 mengguncang Jakarta pada pukul 14:57. Dari Informasi yang didapat, pusat gempa berada di Tasikmalaya pada kedalaman 152Km. Sampai info ini didapat, belum diperoleh informasi tentang kerusakan maupun adanya korban jiwa maupun luka. Kakak ipar yang berada di jakarta berhasil saya telepon dan mengatakan bahwa pada saat gempa terjadi, dia sedang berada di sebuah mall pada lantai 4, dan merasa seperti terhuyung-huyung dan seluruh bangunan serasa bergetar dan meliuk-liuk. Setelah berhasil keluar dari gedung, terlihat ratusan orang sudah keluar dari gedung dengan wajah-wajah cemas dan ketakutan.