Thursday, April 15, 2010

SNI


Siang tadi ada seorang teman yang kebingungan mau pinjam helm. Lalu aku kasih pinjam helmku, diamati sebentar lalu dia menggelengkan kepalanya.
"Lho.. kenapa?" tanyaku
"ga' ada SNI-nya.." jawab temanku
Weladhalah.... simbol SNI yang dicari....
"Dulu ada, tapi karena stiker, ya lama-lama hilang" jawabku
"Yang resmi tuh yang simbol SNI-nya cetakan di body helm, gak cuman stiker" sahut dia
Nah... ini nih yang bikin bingung, helm SNI tuh yang sebenarnya seperti apa sih... perasaan beberapa kali beli helm pasti ada simbol SNI-nya tapi stiker semua, lha kalo stikernya hilang masak sudah gak SNI lagi alias udah gak memenuhi standar Nasional Indonesia lagi...?

Katanya sih.... helm SNI tuh helm yang sudah lulus uji material dan uji fisik serta kekuatan dan kenyamanan dari team penerbit SNI. Tapi sekali lagi gimana cara membedakannya dengan helm yang bukan SNI?

dari info yang aku dapat dari detikoto.com, ternyata membedakannya masih berdasarkan merk yang sudah terdaftar, Daftar helm SNI adalah sebagai berikut:

  • NHK
  • GM
  • VOG
  • MAZ
  • MIX
  • INK
  • KYT
  • MDS
  • BMC
  • HIU
  • JPN
  • BESTI
  • CROSX
  • SMI
  • SHC
  • OTOKOGI
  • CABERG
  • HBC
  • Cargloss Helmet
Silahkan dicek, apakah helm anda salah satu dari daftar diatas?
Lalu bagaimana dengan helm-helm keluaran produsen motor yang diberikan saat pembelian sepeda motor? apakah sudah memiliki SNI? sampai saat ini saya belum tahu kepastiannya.

sumber detikOto.com

19 comments:

  1. Gak punya helm mas.. hehehe :)

    ReplyDelete
  2. Bner sob, ane bru aj bli hehe, lo SNI yg ane tw, ada tockx sob , dalam bukan stiker ..

    ReplyDelete
  3. weih helm yang sni aseli dan nggak pun syaratnya cukup ribet juga ya... hehehe

    ReplyDelete
  4. saya dengar juga bahwa helm yang diwajibkan bagi pengendara roda dua adalah helm yang SNI.
    walaupun ngga ada simbolnya tapi yang pasti ada kreterianya kan..?? hee..he...

    ReplyDelete
  5. Gak perhatiin juga. Cuekin aja.

    ReplyDelete
  6. -_-_-_-_-_-_- cosmorary.com -_-_-_-_-_-_-
    *******Salam ‘Blog’!!*******


    Teman. Cosmorary.com dihack. Saya tidak bisa masuk ke dashboard saya.
    Sepertinya password sudah diganti sama yang nghack.
    Jiks...BIngung mau gimana...
    Dan yang lebih parah lagi...SEMUA articles saya hancur berantakan, check COSMORARY.com
    ARTIKELNYA semua berubah dalam bahasa INGGRIS yang hancur sekali GRAMMARnya....
    Phew.....
    Tapi, saya sudah melaporkan ke pihak yang berwajib
    Proses mungkin membutuhkan minimal 3 hari-2 minggu.
    Tapi saya bakal tetep blogwalking,
    dan mohon saya tunggu blogwalking teman2 ke Cosmorary.com ya...
    Walaupun di hack....
    Ya sembari menunggu proses selesai.


    -_-_-_-_-_-_- cosmorary.com -_-_-_-_-_-_-

    ReplyDelete
  7. aku dua kali keilangan helm SNI, padahal beli pake uang jajan. eh diparkiran sekolah ilang...

    emang kenapa ya ko harus SNI?

    ReplyDelete
  8. Helmku cuma satu Kang dan itupun paten ndak bisa dilepas lagi, hahaha...

    ReplyDelete
  9. Makasih infonya bang...saya mau coba cek helm saya..mudah2 anda sni nya

    ReplyDelete
  10. soal hlem sni, ini..emang aturan ini agak aneh..tapi gak perlu bingunglah..emang begitu kan biasanya aturan Indonesia..
    tapi aku lebih senang melihat ini sebagai peluang....coba aja mampir ke blog saya, ada peluang ttg helm SNI disana..hanya berbagi....

    ReplyDelete
  11. helm q BMC aq lihat juga dah ada logo SNInya sob, kl yg AGV belum ada

    ReplyDelete
  12. iya harus hati-hati lo kalo bli helm, banyak yang gag aman dijual dipasaran. karena harga dan model yang gag kalah keren..
    waspadalah!

    ReplyDelete
  13. Nenekku saking takutnya helmnya tak berSNI
    beli stiker SNI dipinggir jalan
    hahahah

    ReplyDelete
  14. Bang tadi aq buka2 blognya yang lain lho....apa lagi tuh si rahasia ***** indah hehehe hahaha tapi aq langsung ke sini buat niggalin jejak bang...apa kabar.....?

    ReplyDelete
  15. Keren sobat, aq datang berkunjung nih....jangan lupa kunjungi balik yah sobat...

    ReplyDelete
  16. Yoi bro, sekarng aturannya agak aneh gitu. aku pake Nolan, itu helm kalo dituker ama merk lokal bisa dapat sepuluh ****hwekekek nyombong nih*** tapi kata beliau bapak Pulisi nggak setandar nasional.

    aku mung mbatin, "iki malah standare dunia, sodara pulisi..."

    ReplyDelete
  17. aku ga punya helm... piyeee?? hahaha..

    ReplyDelete
  18. kalau saya mah biasanya beli helm yang burah tembak'an cina

    ReplyDelete

Monggo... silahkan mengkomentari si Tukang Komen disini, mau banyolan, kritikan, saran atau apapun juga.
Matur Nuwun...