Wednesday, April 22, 2009

Dua Serigala

Beberapa hari lalu aku dapat E-mail spt ini:

Two Wolves
One evening an old Cherokee told his grandson about a battle that goes on inside all people. He said, 'My son, the battle is between two 'wolves' inside us all.

One is Evil. It is anger, envy, jealousy, sorrow, regret, greed, arrogance, self-pity, guilt, resentment, inferiority, lies, false pride, superiority, and ego.

The other is Good. It is joy, peace, love, hope, serenity, humility, kindness, benevolence, empathy, generosity, truth, compassion and faith.'

The grandson thought about it for a minute and then asked his grandfather: 'Which wolf wins?'

The old Cherokee simply replied, 'The one you feed.'


Kurang lebih seperti ini bahasa Indonesianya....



Dua Serigala,
Suatu senja seorang Indian Cherokee tua bercerita pada cucunya tentang sebuah pertempuran yang ada di dalam setiap orang. Dia berkata “Cucuku, pertempuran ini antara dua Serigala di dalam hati kita”

Yang Pertama, Serigala jahat
Adalah Kemarahan,Iri hati, kecemburuan,kedukaan,penyesalan,keserakahan,kesombongan,mementingkan diri, kesalahan,kekesalan,rendah diri,kebohongan,keangkuhan, mengunggulkan diri, dan egois.

Yang Kedua, Serigala baik.
Adalah sukacita, kedamaian, kasih, harapan,ketentraman,rendah hati,kebaikan,kedermawanan,pengenalan jiwa,kemurahan hati, kebenaran,belas kasih dan iman
Sang cucu diam dan berpikir sejenak, kemudian dia bertanya pada Kakeknya “ Yang mana yang menang?”
Kemudian Indian tua itu dengan singkat menjawab “Yang kamu beri makan”

Bagaimana dengan kita, yang mana yang kita beri makan?


12 comments:

  1. ah kayaknya kurang tepat perumpamaannya, kenapa bukan serigala dan gajah saja? serigala kan konotasinya selalu keburukan dan ketamakan?

    ReplyDelete
  2. Kenapa nggak pake nama Semut aja? Atau kalo gak ya, Cebong, Itik, atau Sapi.

    ReplyDelete
  3. Hahahaha
    Ada semut lg promosi.
    *tampar Dan pake wajan*
    Yang aku kasih makan yg pertama aja, hahahaha
    Aku emang jahat.

    ReplyDelete
  4. Harus dikasih makan dua-duanya itu.

    ReplyDelete
  5. dua-duanya. cuma yang baik lebih banyak dikasihnya

    ReplyDelete
  6. yg kuberi makan ya...para cacing di perutku. he he he....

    ReplyDelete
  7. Kunjungan kedua! yg kan ku beri makan, serigala yang baik hati nya...

    ReplyDelete
  8. kalo emang ada serigala yang baik. mungkin akan di beri makan.
    tapi kalo sekarang aku ngasih makan diriku dulu ah. soalnya pas lagi ngeblog kok tiba2 laper sih

    ReplyDelete
  9. mantaf....
    pencerahan yang bagus

    ReplyDelete
  10. kasi makan yang mana ya? kalo saya mungkin keduanya,wkwkwkw
    memang ke2nya ada dalam diri ini :D

    ReplyDelete
  11. syukur deh ada terjemahannya
    kalo ga, terpaksa buka kamus
    hehehehe

    ReplyDelete

Monggo... silahkan mengkomentari si Tukang Komen disini, mau banyolan, kritikan, saran atau apapun juga.
Matur Nuwun...