Monday, April 20, 2009

Yang Lagi getrend hari ini "KARTINI"

Seperti yang sudah kita ketahui bersama dan sudah turun temurun di negeri kita tercinta ini, bahwa pada tanggal 21 April adalah hari kartini... harinya kaum perempuan. Hari itu dianggap memiliki nilai sejarah yang besar bagi bangsa kita, terutama kaum hawanya, sehingga banyak hal yang dilakukan untuk memperingati hari itu. Yang paling mencolok adalah disekolah sekolah banyak yang mengadakan peringatan hari kartini dengan meminta para muridnya untuk berpakaian adat.
Nah sebenarnya yang sedikit mengganggu pikiranku sejak dulu adalah kenapa kok hari kartini selalu diidentikkan dengan baju adat. Padahal kalau ditilik dari sejarahnya Kartini berjuang untuk pendidikan kaum hawa, supaya kaum hawa bisa memperoleh kedudukan yang sama dalam menuntut ilmu atau bersekolah.
Yah meskipun Kartini waktu itu adalah seorang anak pejabat yang notabene segala keinginannya pasti jauh lebih mudah terpenuhi daripada wanita-wanita yang lain.
Kembali ke baju adat, bukankah kartini waktu itu hanya memperjuangkan pendidikan dan bukan kebudayaan, jadi mengapa hal ini berhubungan dengan baju adat?? mungkin ada yang mengerti apa dan bagaimana ? karena ternyata anak laki-lakipunjuga diminta untuk memakai baju adat yang berbeda-beda.
Sekali lagi... jika kartini berjuang untuk pendidikan kenapa utuk memperingatinya harus mengenakan baju adat? tidak taulah.. entah mengapa... mungkin ada yang tahu????

7 comments:

  1. mungkin untuk kebersamaan dan kelihatan kompak aja mas... menurut saya(dinoe)

    ReplyDelete
  2. sueeeer aku gatau karena aku ga pernah pake kebaya kek kartini

    ReplyDelete
  3. mungkin supaya penyewa baju adat laris manis. kasihan dong kalo gak ada yg nyewa. he he he. ngasal deh koment aku.

    ReplyDelete
  4. Kunjungan pertama!! Indonesia kan kaya budaya, ga da salah ya toh meramaikan nya dgn pake pakaian adat...

    ReplyDelete
  5. mungkin sebagai tanda bahwa Ibu Kartini adalah milik bangsa indonesia, dan jadi inspirasi wanita2 indonesia :D,, hehehe mungkin lho ...

    ReplyDelete
  6. kt nya nih dl kartini memperjuangkan wanita yang masih amat ditentang tanpa meninggalkan kebudayaan2 ind... katanya ya..

    kalo ak sih budaya ind biar ga luntur aja :)

    ReplyDelete

Monggo... silahkan mengkomentari si Tukang Komen disini, mau banyolan, kritikan, saran atau apapun juga.
Matur Nuwun...