Thursday, June 11, 2009

Godam


Kalau kemarin lusa Sekedar Komentar membahas mengenai Gundala, maka hari ini Tukang Komen ingin mengingatkan kembali para pecinta komik Indonesia akan salah satu komik negeri kita yang sangat populer dimasanya.

Komik tersebut masih bergenre Superhero Fantasy juga, judulnya GODAM. Sang pencipta komik ini adalah Widodo Nur Slamet atau lebih populer dengan sebutan Wid NS.
GODAM yang tercipta atas imaginasi tinggi seorang seniman komik asal Yogyakarta tersebut pertama kali muncul pada tahun 1969, dengan judul "Memburu Dr.Setan"

Godam dalam kehidupan sehari-harinya adalah Awang, seorang sopir serabutan yang berbudi luhur dan berpikiran dan watak yang bersih, sehingga menjadikan ia dipercaya oleh "Mahluk Gaib" bernama Bapak Kebenaran untuk menerima sebuah cincin yang apabila dikenakan, ia akan menjadi seorang manusia super, bisa terbang berkekuatan super dan kebal terhadap berbagaimacam senjata.

Satu musuh utama Godam yaitu Roh Setan adalah suatu keistimewaan dari komik ini, wujud dari Roh Setan sendiri hampir tidak pernah ditampilkan(ditampilkan hanya di episode "Setan"), uniknya disini adalah Roh Setan adalah sebuah wujud dari kejahatan murni yang Intangible (sulit dimengerti dan tak berwujud), dapat merasuk pada setiap orang yang jiwanya lemah serta menggunakan media perantara sebuah kalung.

Hal itulah yang menyebabkan Imajinasi Wid NS ini tergolong istimewa, karena konsep kejahatan murni yang Intangible baru populer sejak film fiksi ilmiah StarWars populer di dunia barat pada tahun 1977, itu berarti Wid NS sudah menerapkan konsep kejahatan murni Intangible dalam komiknya 8 tahun lebih dulu daripada StarWars.

Keistimewaan lainnya adalah tentang konsep "memanusiawikan" Godam, bahwa meski superhero ia tetap manusiawi. Dalam kisah hilangnya kekebalan Godam akibat akan mengatakan jati dirinya kepada Gundala,namun belum sempat diungkapkan, Godam dibawa pergi oleh Bapak Kebenaran, dan sebagai hukumannya kekebalannya hilang, dan sejak itu Godam menyadari bahwa ia dapat terluka bahkan berakibat fatal, sungguh suatu insting komikus yang sangat brilian. Apa sebabnya....?

Dalam dunia superhero barat diceritakan bahwa ada seorang superhero yang sangat kuat bernama "Wolferine" ia mempunyai tulang yang dilapisi oleh logam Adamantium, logam yang lebih keras dari baja terbaik manapun. Ia juga mempunyai kemampuan menyembuhkan luka dalam sel darahnya, baik luka luar maupun dalam dalam tempo yang sangat cepat dan mencegah penuaan, dan akibatnya adalah ia tidak bisa mati. Dan Wolferine baru dimanusiawikan pada tahun 1993 dengan cara melepas Adamantium dalam tubuhnya, dan sejak itu Wolferine hanya mengandalkan healing factornya, dan akibatnya ia tidak sekuat dulu lagi. Pada prinsipnya Godam juga mengalami hal yang serupa, ia tidak sekuat dulu. Namun apa perbedaannya...? Wid NS telah memanusiawikan Godam 25 tahun sebelumnya sebelum pencipta Wolferine memiliki pemikiran memanusiawikan Wolferine.
Tampaknya Wid NS menyadari sepenuhnya, jika Godam tidak dimanusiawikan dan tetap memiliki kekuatannya yang sepenuhnya, maka alur cerita akan terasa sangat membosankan Godam akan selalu kebal dan tidak dapat mati.

Wid NS meninggal dunia pada 23 Desember 2003 dimana beliau sedang menggarap episode Godam yang ke 16 yang belum sempat diselesaikannya dan baru memperoleh 3 halaman. Namun lepas dari semua itu, Wid NS adalah seorang komikus Indonesia yang istimewa yang patut kita acungi jempol pada setiap karyanya. Lalu, ada apa dengan dunia komik Indonesia saat ini...? mati surikah..... adakah diantara para blogger sekalian yang mempunyai jiwa komikus? mari kita bangkitkan kembali kejayaan komik Indonesia.


Wid NS

Sumber: Komik Indonesia
Wikipedia
wikipedia

32 comments:

  1. aku kok ndak tau komik yang ini?

    ReplyDelete
  2. wah ternyata komikus-komikus jaman dulu keren2 ya ...

    saya juga waktu kecil suka baca komik indonesia, yang Tatang S. itu lho mas :D

    ReplyDelete
  3. Sata baru tahu cerita ini, soalnya bukan penggemar komik. Ko kayaknya seru banget yah...??? :) semoga ada penggantinya

    ReplyDelete
  4. Wah, ini lagi salah satu komik favorit saya waktu kecil. Banyak review komik masa lalu disini ya

    ReplyDelete
  5. godam...namanya awang kok kyk nama panggilanku ya. beda dikit sih.

    ReplyDelete
  6. weh...info menarik, aku baru kenal komik pas baca candy-candy huehehehe

    ReplyDelete
  7. suatu usul yang baik,... Godam perlu dihidupkan kembali.

    Aku setuju bang,... cuman sebatas setuju doang sih, jiwa menulis kagak ada plus apalagi menggambar.

    ReplyDelete
  8. wah sayangnya aku tidak begitu ngerti soal komik. jadi gbs ikut ngulas. hehe..

    ReplyDelete
  9. wah aku ga ngerti sama sekali
    jalan jalan siang kerumah obat

    ReplyDelete
  10. kapan ada gundala dan godam lagi ya? kayaknya kalah ama serbuan komik LN terutama jepang

    ReplyDelete
  11. hmm,, Godam,, sodara jauh supermen yak..?? ^_^

    ReplyDelete
  12. @oga: Pakliknya...
    @suwung: Iya nih. gimana kalo kita hidupkan lagi...
    @bunga raya: gak pernah baca godam ya?
    @jimox: Wah komik itu sesuatu yang menarik lho mas.. bisa buat kita rileks.
    @Setiawan: Ayo bang hidupkan lagi komik-komik Indonesia
    @ Penikmat buku:Komik Indonesia sebenarnya lebih dulu beken lho dari komik Jepang.
    @Sang Cerpenis: Emang mbak fanny panggilannya siapa? nawang? nawang wulan? he..he..he..
    @Erik: Iya nih baru tercetus ide untuk review komik-komik jadul tapi keren, he,,he,,
    @Anaz: Iya nih mbak Anaz.. lagi kangen komik-komikku dulu.
    @Rampadan: Emang kamu lahir taon berapa dan?
    @Jonk: He.. he.. aku juga suka gareng-petruknya Tatang S lho, tar deh aku repiew semua komik Indonesia satu-satu.
    @diaJengSri: Sekali-kali baca komik jeng istirahat sejenak baca buku psikologinya biar fresh... he.. he.. kan berat-berat tuh buku psikologi

    ReplyDelete
  13. Kok aku gak kenal ama komik ini ya ?

    ReplyDelete
  14. ini komik jaman kapan ya mas? kok saya gak pernah tau ya..hehe

    ReplyDelete
  15. pada waktu itu,,
    aku masih kelas berapa yach????????

    ReplyDelete
  16. berkunjung kang di malam hari semoga di terima

    ReplyDelete
  17. Wahahahaha, Pak Wid NS itu tetanggaku...................................................

    Hmmm, mungkin komen tentang Wolverine itu, tulang adamantiumnya dikembalikan lagi loh! Dan Awang sendiri sekarang sudah kembali dalam komik Godam Reborn!

    ReplyDelete
  18. muati dong tentang "Sima" itu loh tokoh hero juga...Sinar Matahari, rada2 ingat aja...salam

    ReplyDelete
  19. @patahati: iya nih, rencana sih mau repiu satu-satu komik Indonesia, nanti Sima pasti kebagian giliran.
    @Li Xi Da: Wah tetanggaan yah.... iya godam udah kembali lagi dengan Godam Reborn karya putra Pak Wid NS (Fajar Sungging Pramodhito) tahun 2006, tapi sptnya tidak setenar Godam Aslinya, kurang promosi kali ya..
    @Abah: Silahkan...
    @Yanuar Catur: Aku juga masih kecil waktu itu.
    @isti: Komik ini terkenal pada dekade 70-an dan 80-an, kebagian gak waktu itu?
    @Reni: Mungkin mbak Reni lebih suka baca novel mbak... he..he..

    ReplyDelete
  20. innalillahi wainnailaihi rajiun
    aku baru tau kalo pembuat godam telah meninggal

    dulu aku pernah baca godam ini
    cerita dan gambarnya bagus

    ReplyDelete
  21. kapan yah ini di jadiin pilem, n siapa yah ntar yg nerusin karyanya itu

    ReplyDelete
  22. aku sukaaa nggambar... tapi ngga sebagus itu hasilnya :s

    ReplyDelete
  23. mana komiknya mas ? saya pengen baca. keren tuh judulnya klo d translate k bhs inggris.

    ReplyDelete
  24. dulu pernah baca nih cerita komik godam tapi sekarang mang gak ada lagi yah
    komik indo gak aktif lg keknya

    ReplyDelete
  25. enaknya membeli komik godam dari hadiah kontes seo bertuah 6 juta lho

    ReplyDelete
  26. jadi inget wiro sableng ne @@
    thx infonya,, master..

    ReplyDelete
  27. malem bang
    abis muter2
    balik lagi kesini

    ReplyDelete
  28. wah ini dia komik indonesia yang hebat... dulu jaman bapakku masih kecil, suka banget ma komik ini makanya anaknya (gue) dikasih nama Awang hahaha.... salut deh buat Wid..

    ReplyDelete
  29. Wid N.S., ya memang seorang jenius Indonesia. sayang kurang begitu di hargai pemerintah dan bangsa kita sendiri sebagai seniman komik senior. saya suka buku karangan dia, kalo sekarang masih ada jual, aku mau beli semua kalo ada yang jual [asal harganya masih terjangkau dompet :)]. Harus diakui memang fantasi seorag Wid N.S. sangat luar biasa di jaman orde baru. Bahkan kalo tidak salah, dia sendiri pernah 'muncul' di komik ciptaannya "Bocah Atlantis" sebagai anak buah seorang profesor danjuga pemimpin karate [saya lupa nama tokoh komik tsb] . Sekali lagi, bravo mas Wid N.S.

    ReplyDelete
  30. Seharusnya komik barunya dibuat lagi..

    ReplyDelete

Monggo... silahkan mengkomentari si Tukang Komen disini, mau banyolan, kritikan, saran atau apapun juga.
Matur Nuwun...