Friday, June 5, 2009

Gundala

Bagi para pecinta komik tentu tak asing lagi dengan nama Gundala. Komik karya Hasmi ini dirilis perdana pada tahun 1969 dengan judul "Gundala Putra Petir" dan dicetak oleh Kentjana Agung. Genre komik ini adalah Superhero Fantasy, dimana pada kisah pertamanya dalam Gundala Putra Petir, adalah Sancaka, seorang ilmuwan muda yang jenius yang sedang serius melakukan riset untuk menemukan serum anti petir, karena keseriusannya itulah dia melupakan ulang tahun kekasihnya Minarti yang mengakibatkan putusnya hubungan mereka.

Karena kegundaha hatinya, Sancaka berlari tak tentu arah ditengah hujan lebat dan petir yang menyambar-nyambar, sampai akhirnya ia tersambar sebuah petir yang dahsyat. Dalam kondisi sekarat, ia diangkat dan ditarik oleh sebuah kekuatan dahsyat dari planet lain dan diangkat sebagai anak oleh Kaisar Kronz raja kerajaan petir. Bukan cuma itu saja, ia juga diberi kekuatan berupa petir yang bisa memancar dari kedua telapak tangannya, lalu dia juga diberi kekuatan untuk berlari secepat angin oleh Raja Taifun, raja dari kerajaan Bayu.
Sejak saat itulah Sancaka memiliki kekuatan dahsyat yang ia gunakan untuk menumpas kejahatan dimuka bumi, dan dia keluar dengan kostum ketat hitam, sepatu boot merah khas superhero, kaos tangan merah dan wajah dibalik topeng sedangkan telinganya dihiasi dengan semacam sayap.
Komik ini begitu populer dimasa itu, dan pada tahun 1982 sempat difilmkan juga. Komik Gundala inipun diterbitkan dalam beberapa seri diantaranya adalah:
  • Gundala Putra Petir
  • Perhitungan di Planet Covox
  • Dokumen Candi Hantu
  • Operasi Goa Siluman
  • The Trouble
  • Tantangan buat Gundala
  • Panik
  • Kunci Petaka
Dan sebenarnya masih banyak lagi judul-judul yang lain yang pada saat itu memang sangat populer dikalangan pecinta komik. Kabar yang terakhir adalah Gundala dibuat versi layar lebarnya tahun ini, dan di release bulan juni ini, kita tunggu saja.

source:Wikipedia
Facebook Fan
Berbagai sumber lainnya

21 comments:

  1. mari memajukan komik Indonesia
    dah lama tak liat komik Indonesia

    ReplyDelete
  2. Dulu..... ini komik kesukaan, hehe. Saya tunggu ah versi layar lebarnya.

    ReplyDelete
  3. Gundala itu pasti msh sodara ama Ponari ya?
    Kan sama2 Putra Petir, xixixi.....

    ReplyDelete
  4. Aku tahu kalo Gundala Putera Petir !!

    ReplyDelete
  5. wah ,saya gak kebagian komik gundala dulu ... wah harus nonton nih ...

    ReplyDelete
  6. wah ternyata Indonesia juga punya banyak superhero, tak cuman gatot kaca, hebat...

    kita dukung semoga filmnya tak kalah ngetop dengan superman...

    ReplyDelete
  7. aku ndak pernah baca komiknya, tapi penasaran nih ntar pilemnya jadi spt apa... moga aja bisa ngalahin spiderman/batman,Aminn
    btw blognya aku follow yah, n klo ndak kberatan follow balik yah. makasih...salam kenal

    ReplyDelete
  8. kalo saya pernah nonton tu filmnya :)

    ReplyDelete
  9. waduchh.... gak pernah baca komik nya :((
    tapi penasaran ma film nya nie..^_^ mas ....

    lam knal mas .. :)

    ReplyDelete
  10. kapan ya komik ini bakalan di filmkan... hmmm :s

    ReplyDelete
  11. superheroku sapa yah? hmmm....

    ReplyDelete
  12. aku lebih suka deni manusia ikan, wiro sableng atau unyil hihi...

    ReplyDelete
  13. aduh belom kenalan ma gundala nih
    huhuuhuh kalo di jadiin film layar lebar di tunggu deh penayangannya

    ReplyDelete
  14. wah jadi ingat komik kesukaan semasa kecil dulu...thanks ya,

    ReplyDelete
  15. Saya suka gundala ini sewaktu kecil kemaren...and..asyik juga ya bakal ada film layar lebarnya..

    ReplyDelete
  16. ak malah ga ngerti kalo disuruh baca komik.. suka ngebingungin :)

    ReplyDelete
  17. wah iya aku ga asing lagi neh
    hiks...........

    ReplyDelete
  18. Wah.. ini nih salah satu komik kesukaan saya waktu kecil

    ReplyDelete
  19. Gundala putra petir, pernah baca jaman dahulu kala....kapan...??? dah lupa...,hanya inget syairnya..lah kok jadi kuburan..?/:D

    ReplyDelete

Monggo... silahkan mengkomentari si Tukang Komen disini, mau banyolan, kritikan, saran atau apapun juga.
Matur Nuwun...