Tuesday, March 3, 2009

Yamaha Vs Honda

Siang ini sekitar jam 12.30, seorang temanku datang dengan membawa Yamaha Mio Soulnya. Setelah aku tanya habis darimana dia, dia jawab dari service motor, agak aneh emang kenapa kok siang ini dia datang dengan membawa Mio Soul yang sejatinya milik istrinya, sedangkan dia sendiri kemana-mana pake Honda Supra X 125-nya. Lalu setelah itu dia sedikit mengeluh, wah service Yamaha lama banget nungguin antriannya, bayangkan aku datang jam 8.30 pagi udah dapet nomor 18, trus nungguin giliran service sampe sekitar jam 11-an, gak kayak service Honda yang gak nunggu-nunggu antrian soalnya bengkelnya sepi. Nah lo... bengkel Yamaha yang saking larisnya atau bengkel Honda yang saking gak lakunya?? Ooo.... ternyata emang kalo bengkel Resmi Yamaha itu terbatas jumlahnya, jadi begitu banyak customer Yamaha datang yah.. sampe nganteri-ngantri... sementara kalau bengkel Honda kan udah banyak nih dimana-mana sehingga gak harus ngantri, karena emang aku pernah dengar kalau Ahass Honda udah dibikin semacam Franchise gitu ( kalau gak salah dengar sih) jadi banyak orang yang tertarik untuk membuka itu bengkel, karena tau sendiri kan, berapa banyak pengguna motor HOnda di negeri ini, jadi bisa dibilang hampir di tiap kelurahan udah ada bengkel resmi Honda. Sementara rival terberatnya saat ini, yaitu yamaha, masih ditangani sendiri tuh bengkel-bengkelnya... jadi yah.. tidak begitu banyak jumlahnya, sehingga berakibat pada penumpukan konsumen yang antri untuk sekedar service motor Yamaha mereka, padahal kita juga tau bahwa komunitas pengguna motor yamaha juga sudah sedemikian melimpahnya, kalau kita melihat motor-motor di jalanan yang mendominasi memang dari dua merek ternama tersebut, Honda dan Yamaha. Yang perlu dipertanyakan disini adalah apakah dengan menghandel service nya sendiri Yamaha akan bisa memuaskan konsumen yang setiap kali akan service motornya harus ngantri sekian lama? (apalagi dihari sabtu), tidak seperti Honda yang sudah memiliki segitu banyaknya bengkel resmi sehingga para konsumennya tidak harus ngantri terlalu lama untuk bisa menservis motor mereka, tetapi juga perlu dicermati juga... apakah pihak Honda bisa menjamin kualitas service nya yang notabene banyak ditangani oleh pihak rekan Franchise nya?... Memang setiap produk memiliki kelebihan dan kekurangannya msing-masing.... yang harus selalu diperbaiki setiap waktu.....

1 comment:

  1. pertamax deh...

    tapi pemakai yamaha puas2 aja dengan kondisi seperti itu kok

    ReplyDelete

Monggo... silahkan mengkomentari si Tukang Komen disini, mau banyolan, kritikan, saran atau apapun juga.
Matur Nuwun...