Wednesday, March 11, 2009

YouTube Larang Tonton Video Musik




detikcom - Selasa, Maret 10

Situs berbagi video populer YouTube melakukan langkah drastis. Situs milik Google itu melarang penggunanya menyaksikan video klip musik yang ada di YouTube.


Larangan ini berlaku bagi pengguna YouTube di Inggris. Seperti dikutip detikINET dari Reuters, Selasa (10/3/2009), YouTube mengaku dengan berat hati memblokir video klip musik bagi penggunanya di Inggris.

Hal itu dilakukan Google setelah gagal mencapai kesepakatan dengan asosiasi pencipta lagu di Inggris. PRS for Music, sebuah perusahaan pengumpul royalti bagi sekitar 50.000 musisi, disebut meminta lisensi baru dengan biaya 'berkali-kali lipat'.

"Biaya yang mereka minta bagi kami tidak mungkin dikabulkan. Kami bisa kehilangan banyak uang untuk setiap kali pengguna memutar video klip musik di situs YouTube," tulis Google dalam salah satu blog resminya.

Agaknya, langkah ini menunjukkan YouTube pun harus berhemat menghadapi kondisi ekonomi yang tidak jelas. Hingga saat ini YouTube merupakan salah satu anak usaha milik Google yang belum menghasilkan laba.


Lha iya... perusahaan sekaliber "Mbah" Google aja bisa kedodoran kalo ditawarin dengan harga yang tinggi, apalagi perusahaan yang masih cere... yah..
Trus kok cuman nonton video di INET aja kok ya ditarik Royalti yah.... Trus kalo dengerin music di Bis, Stasiun, Radio, dlsb apa ya ditarik iuran Royalti juga ya.....
Wong Inul aja terkenal via VCD bajakan.... yeee.. kok malah sampe Inul... eh bukan Inul aja loh... beberapa Musisi kita juga harus mengakui kalau mereka terkenal.. ya.. masih ada hubungannya dengan VCD/CD bajakan dulu.... he.. he.. lha wong masyarakat kita mampunya masih beli yg bajakan kok....

1 comment:

Monggo... silahkan mengkomentari si Tukang Komen disini, mau banyolan, kritikan, saran atau apapun juga.
Matur Nuwun...