Friday, August 14, 2009

CDMA EvDO REV-A

Saat ini mungkin anda sudah tidak asing lagi dengan layanaan komunikasi selular 3G ataupun 3,5G atau lebih kerennya disebut HSDPA. Namun semua layanan tersebut berbasiskan teknologi GSM, yang diusung oleh beberapa operator besar dan kawakan di tanah air. Kesemuanya menawarkan paket data internet akses dengan kecepatan tinggi.
Bagaimana dengan jalur CDMA ? Ternyata jalur CDMA tak kalah pesat perkembangannya dibandingkan jalur GSM, terbukti kini jalur CDMA telah mengusung teknologi 3G dan 3,5G-nya melalui jalur EvDO.

EvDO adalah istilah dalam koneksi internet CDMA yang berarti Evolution Data Only.
EvDO sendiri ada dua versi yaitu EvDO Rev 0 dan EvDO Rev A (Revisi 0 dan revisi A)
Dalam EvDO Rev 0 kecepatan maksimal yang dihasilkan adalah 2,4Mbps, sedangkan kecepatan maksimal untuk EvDO Rev A adalah 3,2 Mbps.
Teknologi CDMA sendiri berkembang dari versinya yang pertama yaitu CDMA 2000 yang mempunyai kecepatan 153Kbps (sedikit lebih unggul dari GPRS yang hanya berkecepatan maximum 115Kbps).

Lalu apa keuntungan dari EvDO Rev 0 dan Rev A ini, sedangkan HSDPA sendiri saat ini sudah menawarkan kecepatan hingga 7,2Mbps?
Sekali lagi kita lihat istilah EvDO yitu Evolution Data Only, yang berarti bahwa jalur EvDO khusus hanya dipakai untuk saluran komunikasi data, tidak bercampur dengan voice. Kita bandingkan dengan jalur GSM HSDPA yang komunikasi data internetnya masih menjadi satu dengan traffic voice atau percakapan suara, jadi pada saat-saat tertentu jika traffic voice tinggi maka bandwidth dari HSDPA akan dikalahkan untuk jalur percakapan telepon, sehingga kecepatan koneksi internet akan turun drastis bahkan kemungkinan akan disconnected. (bagaimana dengan para pengguna IM2 dan layanan HSDPA lainnya?)
Sedangkan dalam EvDO Rev, jalur yang digunakan benar-benar murni dipakai hanya untuk jalur internet, jadi tidk menjadi masalah apakah percakapan voice sedang dalam traffic puncak atau biasa saja, karena jalur yang digunakan benar-benar lain dengan jalur biasa (salah satu keunggulan CDMA internet akses).
Di negara-negara maju seperti Jepang dan Amerika, jalur EvDO Rev A ini sudah lama populer sebagai akses internet kecepatan tinggi. Sedangkan di Indonesia sendiri layanan EvDO Rev A masih sangat tergantung pada banyaknya dan jarak dari BTS itu sendiri, namun salah satu keistimewaannya adalah apabila sinyal EvDO menghilang secara mendadak maka sistem akan segera secara otomatis memindahkan saluran ke CDMA2000 sehingga komunikasi data tidak akan terputus, namun tentu saja kecepatannya juga akan beralih ke 153Kbps.

26 comments:

  1. gak mudeng..gak mudeng..malah mubeng-mubeng..

    ReplyDelete
  2. makasih yah Kang atas sharingnya,... baru tau nih dengan istilah2 diatas,...
    aku akses inet cuman pake speedy.

    ReplyDelete
  3. bahasanya tinggi bangets. disimpen dulu yak?

    ReplyDelete
  4. pake HSDPA aja udah cukup. ga ngerti yang lain2 neh

    ReplyDelete
  5. hp cdmaku ilang jadi semakin ga mudeng ini...

    hiks...

    ReplyDelete
  6. wow keren! tapi aq pake yg gsm soalnya aq blom tau infonya cdma lebih bagus

    ReplyDelete
  7. seandainya dipake dikota kecil, sinyalnya masih bagus gag ya? soalnya sinyal gsm aja dikota kadang timbul tenggelam kek kelelep air se baskom xixixixi...

    ReplyDelete
  8. Di kota gue masih sepi ama CDMA, jd tu teknologi blm ada disini...
    Belum ada jaringan'x...
    Operator CDMA'x msh takut2 kali, hehe...

    ReplyDelete
  9. Di kota gue masih sepi ama CDMA, jd tu teknologi blm ada disini...
    Belum ada jaringan'x...
    Operator CDMA'x msh takut2 kali, hehe...

    ReplyDelete
  10. Ooooo...baru ngerti aku mas ...

    ReplyDelete
  11. info menarik mas . Sukses selalu ...

    ReplyDelete
  12. Hmm...gitu ya!! Kayaknya bagus cdma ketimbang yg 3g/3,5g. Tp dikota2 kecil blom ada ya? Karena lebih byk pengguna gsm drpd cdma. Nice info..

    ReplyDelete
  13. Wuaaah.. mantab. Berarti flexy gsaya bisa tak pake internetan dunk...

    ReplyDelete
  14. Mas... saya nitip link ya... awas copet copeeeeet...!

    ReplyDelete
  15. bisa jadi referensi nih..rencananya aku mau ganti CDMA, biar ga dipinjem terus ma temen,,hahahha

    ReplyDelete
  16. wah, walaupun lebih kecil, tapi yang penting bebas hambatan hohohohoohhoho, beralih ke EvDO ah :D

    ReplyDelete
  17. whatss...!!! BarBequee Fanggang?? Bau Badan Fenguk?? apaan ntu? mas komen jgn mikirin makanan mulu dunk...*pentung2*

    ReplyDelete
  18. waduh bro, bikin tergoda aja beralih ke EvDO, keknya performanya bagus apalagi gsm sekarang sinyalnya sering terganggu

    ReplyDelete
  19. Hmmm....mantap neh, semakin banyak taaran akses net ngibrit di speed. Tapi sayang nya dikampungku belom masuk 3 G apalagi 3,5 G. so pas pulkam, net terpaksa diliburkan.....

    ReplyDelete
  20. Makasih infonya... selama ini aku pake speedy sih...

    ReplyDelete
  21. bagus dech kalo masih nggak pada mudenk, artinya khan jumlah usernya masih dikit, so pasti speednya jg masih kenceng .... :D
    ada yg tau nggak operator terbaik dan terluas yg bisa provide EvDO ini ? And modem apa yg bisa dipakai secara generic alias bisa dipakein RUIM and nggak dikunci.
    Sementara ini sich yg gw tau cuma ada Huawei TW100B sama Motorola Q CDMA (smartphone), katanya ada lagi keluaran BB, tapi itu semua dijual dipasaran umum nggak sich ?

    ReplyDelete
  22. Thanks infonya bro, semoga bermanfaat buat rekan2 semua. "keep on blogging dude"

    ReplyDelete

Monggo... silahkan mengkomentari si Tukang Komen disini, mau banyolan, kritikan, saran atau apapun juga.
Matur Nuwun...