Wednesday, July 22, 2009

Pertolongan Pertama Pada Stroke

Malam ini pada saat termenung mencari inspirasi tentang posting, tiba-tiba HP berbunyi, dan ternyata dari kakak ipar yang memberitahu bahwa Bapak Mertua Jatuh dari kursi dan sempat tidak bisa bicara dan bibir sedikit perot, serta tangan kanan tak bisa digerakkan. Namun setelah beberapa saat bisa kembali bicara dan perot berangsur-angsur pulih dan tangan dapat digerakkan kembali, setelah dibawa ke UGD ternyata memang benar Bapak terkena Gejala STROKE.

karena sebab itu lah jadi terpikirkan bagaimana sebenarnya pertolongan pertama bagi penderita Stroke yang jatuh:
setelah berputar-putar akhirnya menemukan sebuah milis yang berisikan hal ini:

Ada satu cara terbaik untuk memberikan pertolongan pertama kepada orang yang mendapat serangan STROKE. Cara ini selain dapat menyelamatkan nyawa si penderita, juga tidak menimbulkan efek sampingan apapun. Pertolongan pertama ini dijamin merupakan pertolongan GAWAT DARURAT yang dapat berhasil 100%.
Sebagaimana diketahui, orang yang mendapat serangan STROKE, seluruh darah di tubuh
akan mengalir sangat kencang menuju pembuluh darah di otak. Apabila kegiatan pertolongan diberikan terlambatsedikit saja, maka pembuluh darah pada otak tidak akan kuat menahan aliran darah yang mengalir dengan deras dan akan segera pecah sedikit demi sedikit.

Dalam menghadapi keadaan demikian jangan sampai panik tetapi harus tenang.
Sipenderita harus tetap berada ditempat semula dimana ia terjatuh
(mis: dikamar mandi, kamar tidur, atau dimana saja).
JANGAN DIPINDAHKAN !!! sebab dengan memindahkan si penderita dari tempat
semula akan mempercepat perpecahan pembuluh darah halus di otak.
Penderita harus dibantu mengambil posisi duduk yang baik agar tidak
terjatuh lagi, dan pada saat itu pengeluaran darah dapat dilakukan.
Untuk yang terbaik menggunakan JARUM SUNTIK, namun apabila tidak ada,
maka JARUM JAHIT / JARUM PENTUL / PENITI dapat dipakai dengan terlebih
dahulu disterilkan dulu dengan cara dibakar diatas api atau direndam dalam alkohol.

Segera setelah jarum steril, lakukan PENUSUKAN pada 10 UJUNG JARI TANGAN.
Titik penusukan kira-kira 1cm dari ujung kuku. Setiap jari cukup ditusuk 1
kali saja dengan harapan setiap jari mengeluarkan 1 tetes darah.
Pengeluaran darah juga dapat dibantu dengan cara dipencet apabila
darah ternyata tidak keluar dari ujung jari. Dalam jangka waktu
kira-kira 10 menit, si penderita akan segera sadar kembali.

Bila mulut sipenderita tampak mencong / tidak normal, maka KEDUA DAUN TELINGA
sipenderita HARUS DITARIK-TARIK sampai berwarna kemerah-merahan.
Setelah itu lakukanlah 2 KALI PENUSUKAN pada masing-masing UJUNG BAWAH
DAUN TELINGA sehingga darah keluar sebanyak 2 tetes dari setiap ujung
daun telinga. Dengan demikian dalam beberapa menit bentuk mulut
sipenderita akan kembali normal. Setelah keadaan sipenderita pulih dan
tidak ada kelainan yang berarti,maka bawalah sipenderita dengan
hati-hati ke dokter atau rumah sakit terdekat untuk mendapatkan
pertolongan lebih lanjut, ingat harus dibawa ke dokter atau rumah sakit untuk pertolongan yang maksimal.

diambil dari Untuk Semua.com

Sang penulis berpesan untuk menyebarkan metode ini pada siapapun, agar semakin banyak orang yang terhindar dari efek samping dari serangan Storke tersebut.

25 comments:

  1. MANTAB!
    semoga ntar ga ketemu orang stroke.
    bahaya.
    :D

    eh ya sekalian,
    ada yang baru di blogku.
    koment yak.

    salam perjuangan!!!
    KEEP ENTER!!!!!

    ReplyDelete
  2. wakh ini dia yang aku cari, masalahnya pamanku juga terkena ini, makasih ya atas informasinya....thanks

    ReplyDelete
  3. info yang bagus nihhhh
    hiksssss

    ReplyDelete
  4. Mudah2an kita terhindar dari penyakit itu.
    Info ini sangat bermanfaat bagi kita semua

    ReplyDelete
  5. aku suka yanng terakhir tu
    harus tetep di bawa k dokter
    hehehehehehehe

    ReplyDelete
  6. Semoga kita bisa terhindar dari penyakit yang mengerikan ini, terima kasih atas infonya yang sangat berharga kang.

    ReplyDelete
  7. tips yg bermanfaat. saya juga pernah dengar hal ini kalo ada yg stroke jgn langsung diangkat. malah berbahaya.

    ReplyDelete
  8. tipsnya oke bro! thank's ya..aq dpt ilmu lagi nih

    ReplyDelete
  9. Wah...makasih info nya yaa..
    sangat berguna nih.

    salam kenal... :D

    ReplyDelete
  10. wah..jadi ingat mamaku yang kena stroke, ntah telat ditolong jadinya lumpuh. Moga bermanfaat tipsnya

    ReplyDelete
  11. Great bro...
    Sebuah sharing yang sangat bermanfaat.
    Thanks 4 this.

    ReplyDelete
  12. mantab
    akan segera disebar kemana-mana

    ReplyDelete
  13. aku udh pernah baca ini and pernah nanya ke tmnku yg dokter, tp dia blg gak bener kok...kata dia drmn tuh org dpt yg kek gitu, begitu ktnya...mnrt ilmu kedokteran kagak ada yg spt itu...tp entahlah...

    ReplyDelete
  14. eh aku br skali kesini ya...
    judulnya aja tukang komen..hhmmm...keknya kudu masuk spammer nih hohohoho...

    ReplyDelete
  15. waaahhh makasih mas trie infonya...makasih banget...

    ReplyDelete
  16. informasinya yg menggebu-gebu... makasih mas :) pantesan ajja suharto kek gtu :(

    ReplyDelete
  17. Mantap bang ...izin saya copas artikelnya buat jaga-jaga andai ada keluarga saya yg mengalaminya..
    Jd tau pencegahan pertamanya

    ReplyDelete
  18. Postingan yang bernilai gizi tinggi..izin copas, Bos.

    ReplyDelete
  19. wah informasinya sangat bermanfaat ni! thanks ya..!

    ReplyDelete
  20. waaaaahhh matur tenkyu lagi ya mas....heheheehe

    ReplyDelete
  21. info yang bagus.....

    moga keluarga..kerabat..tidak ada yg kena stroke....aamiin

    ReplyDelete
  22. wah kalau gituh, harus sedia jarum pentul nih,,, info yang bermanfaat nih mas :)

    ReplyDelete
  23. Mas Try, kalau kita gak ada keberanian gimana...??? apa gak bahaya tuh? duh, gak bisa ngebayangin deh...

    ReplyDelete
  24. Kayak'e, kok podo wis bisa bikin blog rame tho?

    Blog saya kelaparan, kasihan butuh pengunjung....

    Tapi, kalau anda berkenan membimbing saya... saya sangat berterimakasih.

    Saya masih pemula belum banyak penegetahuan....

    Jadi... tolong ya?

    Fauzan NR [ fhom.blogspot.com ]

    ReplyDelete
  25. wah menarik bro.tapi kalau saya ya..cuma bingung doang kali ye.
    moga mertuanya cepat sembuh ya.

    ReplyDelete

Monggo... silahkan mengkomentari si Tukang Komen disini, mau banyolan, kritikan, saran atau apapun juga.
Matur Nuwun...