Thursday, July 23, 2009

Tom Hanks - Forrest Gump



Siang tadi saat melihat RCTI, akan diputar film Forrest Gump malam ini pukul 23;00. Setelah melihat trailernya, segera terlintas keinginan untuk menonton kembali film yang sudah sekitar enam kali aku tonton ini, kebetulan punya DVD-nya jadi daripada nunggu jam 23;00 sore ini aku putar sendiri aja DVD-nya sambil jaga konter.

Sebenarnya film ini sudah lumayan jadul, karena film ini direalease pada tahun 1994 (sekitar 15 tahun lalu) namun karena alur ceritanya dan kisahnya yang apik, menjadikannya sebuah film yang tidak akan pernah bosan aku menontonnya.

Film ini mengisahkan tentang seorang bernama Forrest Gump yang berasal dari sebuah keluarga yang berantakan karena perceraian orang tuanya, sedangkan ibunya memiliki hubungan lagi dengan pria lain. Forrest Gump sendiri adalah seorang yang mempunyai kecerdasan dibawah rata-rata anak-anak seusianya, bahkan cenderung idiot, oleh karena itulah dia sering diejek bahkan dikerjain oeh teman-temannya, namun dibalik kekurangannya itu dia memiliki kemampuan berlari cepat.

Pada hari pertama masuk sekolah, dia bertemu dengan Jeanny, seorang anak perempuan yang tinggal dekat rumahnya dan sudah dikenalnya sejak taman kanak-kanak, yang akhirnya menjadi cinta tak berbalasnya. Ketika lulus SMA dia mendaftar ke militer dan ditugaskan di vietnam dimana dia bertemu dengan seorang negro benama Buba yang menjadi sahabatnya sewaktu bertugas di vietnam, Buba sendiri sangat senang makan udang sehingga apapun yang diceritakannya pasti berhubungan dengan udang, dan meyakinkan Forrest untuk berbisnis udang bersamanya setelah tugas mereka selesai. Dengan kemampuan lari cepatnya Forrest menjadi orang yang sangat berjasa daam menyelamatkan banyak teman-teman satu peletonnya yang terluka, dan dia dianugerahi Medali Kehormatan Kongres atas kepahlawanannya.

Saat proses penyembuhan dari sebuah peluru yang bersarang di bokongnya, dia menemukan bakat lain dalam dirinya yaitu pingpong. Melaui olah raga inilah dia membawa negaranya dalam sebuah pertandingan internasional di China. Lalu dalam sebuah demonstrasi anti pengiriman pemuda Amerika ke vietnam di Washington DC, Forrest bertemu dengan jeanny yang sudah bergaya hidup hippy.

Forrest Gump dewasa menghabiskan waktunya untuk melakukan pencarian teman kecil perempuannya yang hilang. Ia mengeluarkan uang tabungannya untuk membeli kapal penangkap udang seperti yang dijanjikannya pada Bubba. Pada awalnya, usahanya selalu gagal tapi dengan kerja keras dan pantang menyerah, dan dibantu oleh komandannya yang telah pensiun karena cacat, ia pun menjadi seorang yang sukses dan mampu untuk membiayai keluarga Bubba.

Suatu hari, Jenny kembali dan menemui Forrest, yang kemudian melamarnya. Jenny menolak, tetapi merasa harus membuktikan cintanya kepada Forrest dengan tidur bersamanya. Jenny kemudian pergi pagi-pagi benar. Tanpa berpikir panjang, Forrest memilih untuk melakukan perjalanan. Mungkin secara impulsif, ia memutuskan untuk berlari mengelilingi Amerika Serikat selama lebih dari tiga setengah tahun, dan menjadi terkenal.

Sekembalinya di kemudian hari, ia mendapatkan surat dari Jenny, yang melihatnya sedang berlari di televisi, memintanya untuk datang. Setelah bertemu, Forrest menyadari bahwa Jenny telah memiliki seorang anak laki-laki, yang adalah anak mereka berdua. Jenny memberitahu Forrest bahwa Jenny sedang menderita kanker. Ketiganya kemudian kembali ke Greenbow, Alabama. Jenny dan Forrest akhirnya menikah, tetapi tak lama kemudian Jenny meninggal dunia.

Meski sudah menonton beberapa kali, aku tak pernah bosan dengan film ini, banyak hal yang bisa dipetik dari kisah ini, persahabatan sejati, semangat, ketulusan cinta. Ada beberapa Quotation yang menarik dalam film ini:

Forrest Gump : "I'm not a smart man... but I know what love is"
Forrest Gump: My momma always said, "Life was like a box of chocolates. You never know what you're gonna get."

Dan sebuah surat yang dibacakan Forrest Gump di atas makam Jeanny :
"You died on a Saturday morning. And I had you placed here under our tree. And I had that house of your father's bulldozed to the ground. Momma always said dyin' was a part of life. I sure wish it wasn't. Little Forrest, he's doing just fine. About to start school again soon. I make his breakfast, lunch, and dinner every day. I make sure he combs his hair and brushes his teeth every day. Teaching him how to play ping-pong. He's really good. We fish a lot. And every night, we read a book. He's so smart, Jenny. You'd be so proud of him. I am. He, uh, wrote a letter, and he says I can't read it. I'm not supposed to, so I'll just leave it here for you. Jenny, I don't know if Momma was right or if, if it's Lieutenant Dan. I don't know if we each have a destiny, or if we're all just floating around accidental-like on a breeze, but I, I think maybe it's both. Maybe both is happening at the same time. I miss you, Jenny. If there's anything you need, I won't be far away"

Keistimewaan film ini adalah bisa membuat anda tertawa dan juga meneteskan air mata saat menontonnya.

45 comments:

  1. wah PERTAMAXX emang cihuyy !!!

    ReplyDelete
  2. wah pjng banget juragan.. mata ampe ngantuk bacanya... but okeylah... trims inponya...

    ane malah suka yang pelem color.. eh color.. horror... HaHaHaHa ...

    ReplyDelete
  3. mang bagus tu film ....
    oya kan mas tukang komen ni...
    kebetulan punya lagi sepi dari yang komen tolong donk dikomenin,,,,,

    ReplyDelete
  4. waw tukang komen emang hebat kalau cerita film salutt

    ReplyDelete
  5. ya bagus tuh film, dah lama memang tapi masih segar dalam ingatan, salam sobat.

    ReplyDelete
  6. hu uh so emosional banget kang..

    ReplyDelete
  7. buset dech
    ampe enam kali??
    keren..keren
    hehehehehehe

    ReplyDelete
  8. i'm not smart man, but i know ... hehehhee

    keren amit nih :D,, 94 gituh ...

    ReplyDelete
  9. sekarang lagi nonton pilemnya kang....huehehehehe keren

    ReplyDelete
  10. makasih dah berbagi info aakng komeng? pertamaxxx. ikut2 juga ah? aku bensinnn aja lah yah.

    ReplyDelete
  11. keren tuh, bisa mencampurkan haru biru dan tertawa terbahak bahak

    ReplyDelete
  12. weleh... belum pernah nonton nih kayaknya...

    ReplyDelete
  13. Mas Try, saya suka gak nyambung babarblas kalau ngomongun filem :( hehehe.. ketahuan gapteknya deh..

    ReplyDelete
  14. wedew... ko saya telat datang yah? jadi malu nih :((

    ReplyDelete
  15. Blm nton! Masa bgus sih? Ntr bli dah DVDx !! Kalu jelek uang kembli.

    ReplyDelete
  16. Sayang sekali aku tadi malam tidak melihatnya. ternyata filem yang udah lama ampe 15 tahunan masih enak ditonton juga ya.
    melihat filem memang bisa bisa membuat penontonnya ikut dalam suasanannya!
    Stop
    Dreaming Start Action

    ReplyDelete
  17. belom nonton tuh...semalem ketiduran...maklum malem jum'at :)

    salam kenal,
    -3-

    ReplyDelete
  18. saya suka kalimatnya tuh. "I'm not a smart man... but I know what love is"

    ReplyDelete
  19. Waduh saya jarang sekali nonton tivi Mas, pulang kerja capek langsung tidur. Tapi sepertinya seru bngt alur ceritannya, sayang sekali muternya terlalu malam

    ReplyDelete
  20. wuiiiih...kisah tentang cinta sejati..cinta tanpa syarat...kereennn

    ReplyDelete
  21. ini baru pilem, gag pake dendam ma mata melotot gag karuan kn? soalnya lagi enek liat pilem aneh bin ajaib. mana mo maju klo pilemnya ttng dendam mua

    ReplyDelete
  22. Wouw,... kebetulan sempet nonton semalem, pantes kang komen sampai nonton 7 kali.
    tapi ulasan disini asyik juga.

    ReplyDelete
  23. film jadul yang masih teteeeep lucu yaaa

    ReplyDelete
  24. Sepertinya aku dah pernah nonton ini Film ...tapi lupa dimana ya ...yang jelas ini film dah direalise lama khan ?.
    "I'm not a smart man... but I know what love is"
    Forrest Gump: My momma always said, "Life was like a box of chocolates. You never know what you're gonna get."
    Dua kalimat dahsyat yang sangat inspiratif sekali.

    ReplyDelete
  25. aiihh,, kalimatnya keren banget!!!

    'i'm not a smart man... but i know what love is",, that's cool!! :)

    ReplyDelete
  26. walah2.. berarti skarang udah yang ke7 donk.. hehe

    ReplyDelete
  27. Aku belum nonton nih..ketinggalan jaman ya? Tp sudah beli DVDnya. Moga2 weekend ini bisa nonton

    ReplyDelete
  28. Huaaa... aku ketinggalan !! Harusnya kemarin aku nonton lagi film itu. Emang filmnya keren banget. Dulu sudah pernah nonton sih, tapi emang pengen nonton lagi.... Hikss. sayang ketinggalan...

    ReplyDelete
  29. aq dah nonton mas..di tv keluar tuh waktu kamis 23 malam jumat..biasanya aq suka film action tapi film ini bagus juga..seru..

    ReplyDelete
  30. yahhh gw ga nonton filem inggris tuh. ga suka aja
    heee :P

    ReplyDelete
  31. pernah lihat resensinya tapi belom nonton. huhu jadi pengennn

    ReplyDelete
  32. kunjungan malam pembawa berkah nih...salam hangat selalu

    ReplyDelete
  33. film yg sangat bagus
    bukunya juga sangat bagus

    ReplyDelete
  34. film lama tapi tetep keren pemerannya juga pas banget..

    ReplyDelete
  35. filmnya bagus, dpt award bnyk tu si forrest th 94.. ngalahin film favorit ane 'shawshank redemption'..

    salut sampe nntn 6x, brarti kmren dah 7x, tmbah yg di tv jd 8x.. mantab..
    *malah hitung2an saya.. hahaha

    ReplyDelete
  36. sayah lupa, sayah udah nonton pilem ini blom ya?
    btw, templatenya simple, template bawaan blogger, tapi kok 3 kolom?! kereeeennn...
    gimana caranya bisa dijadiin 3 kolom gini? ajarin dong

    ReplyDelete
  37. beberapa kali nonton tapi koq ceritanya suka lupa, gak pernah nyantol yah, dasar otak saya wis dedel kekeke

    ReplyDelete
  38. To All, thakns atas comments-nya.
    @Quinie: cuma sedikit modifikasi kok mbak, nanti aku posting aja deh ya caranya...

    ReplyDelete
  39. berkunjung pagi mencari secangkir kopi hangat

    ReplyDelete
  40. aku pengen banget liat film ini, dulu pernah...cuma awalnya aja (ga tau endingnya) pas liat akan ditayang di RCTI aku sempet mo nandai kalender eh malah lupa...

    ReplyDelete
  41. iia kang.. ini yang kemaren mlm di puter di tipi kan... waktu pertama liat hampir saiia ganti, tapi begitu liad siapa si pemilik sepatu yg kotornya 'naujubillah' itu kliatan tampangnya... gag jd saiia ganti... tomheng gtu... pasti gag bakal saiia lewatin... kocak plus penuh makna persis spt yg akang bilang, nangis sambil ketawa...

    (inget adegan yg di RS, pantatnya kebuka sambil makan es krim, temennya kakinya buntung.. oaallaaahhh)

    ReplyDelete
  42. Kayak'e, kok podo wis bisa bikin blog rame tho?

    Blog saya kelaparan, kasihan butuh pengunjung....

    Tapi, kalau anda berkenan membimbing saya... saya sangat berterimakasih.

    Saya masih pemula belum banyak penegetahuan....

    Jadi... tolong ya?

    Fauzan NR [ fhom.blogspot.com ]

    ReplyDelete
  43. kayaknya dah pernah lihat film ini, tapi dah lupa lupa ingat...met nonton bro.

    ReplyDelete
  44. film ini gileeeeeee bener!!!
    bagusnya bukan main.
    Tom Hanks emang layak dapet oscar

    ReplyDelete

Monggo... silahkan mengkomentari si Tukang Komen disini, mau banyolan, kritikan, saran atau apapun juga.
Matur Nuwun...